google-site-verification: google342c2d2f68e5af07.html Pantai Ngobaran Tempat Wisata Di Gunung Kidul Dengan Budaya Toleransi Tinggi | Wisata Pantai Gunungkidul

Pantai Siung

Pantai Siung
Indonesia Climbers Gathering

Pantai Ngobaran Tempat Wisata Di Gunung Kidul Dengan Budaya Toleransi Tinggi

Pantai Ngobaran merupakan salah satu tempat wisata di Gunung kidul yang unik, cantik dan indah. Pantai Ngobaran ini sangat unik dan berbeda dengan tempat wisata pantai lainnya di Gunung kidul. Karena dilokasi ini terdapat bangunan-bangunan tempat ibadah dari berbagai agama dan kepercayaan yang saling berdekatan dalam satu komplek di pantai Ngobaran.

Pada saat-saat tertentu sering diadakan ritual keagamaan, masyarakatnya saling membantu, bergotong royong dan saling menjaga. Sungguh suatu budaya toleransi
tinggi yang perlu dipupuk dan dilestarikan.

foto pantai ngobaran dari atas
Pantai Ngobaran terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Koordinat GPS: S8°7'9" E110°30'16"

Rute/jalan/peta menuju ke pantai Ngobaran  dari berbagai arah baca selengkapnya : rute ke pantai Ngrenehan dan Ngobaran

Fasilitas Pantai Ngobaran 

Fasilitas di pantai Ngobaran sudah lumayan lengkap, tempat parkir, ada MCK, warung-warung makan dan ada satu penginapan yang terletak di sebelah kanan jalan, beberapa puluh meter sebelum pantai Ngobaran. Sayangnya saya tidak sempat mencari tahu informasi lebih detail penginapan ini. (rekan-rekan yang mengetahui informasi penginapan di pantai Ngobaran ini misal tentang harga, fasilitas mohon tulis di komentar. Terima kasih)

Untuk bisa mencapai pantai Ngobaran jalannya sudah beraspal bagus, namun harap berhati-hati karena mendekati pantai Ngobaran jalannya masih sempit, naik turun dan banyak tikungan tajam. Bus-bus besar ukuran 52 tempat duduk juga bisa mencapai pantai Ngobaran tetapi harus ekstra hati-hati.

Pengalaman menarik ketika saya bersama keluarga ke sana beberapa bulan yang lalu, di tengah perjalanan saya berpapasan dengan pengendara sepeda motor berboncengan dan satu mobil pribadi yang berjalan ditengah dan hampir menghabiskan jalan yang seharusnya menjadi hak saya sambil membunyikan klakson dan tangan melambai-lambai sambil berteriak.

Saya sempat marah namun beberapa detik kemudian ternyata muncul 2 bus besar kapasitas 52 sheets berjalan beriringan. Bus ini sempat berhenti memberi kesempatan kepada saya mencari tempat berhenti sementara dengan aman, setelah bus-bus itu berlalu saya baru sadar ..ooohhh ternyata pengendara motor yang di depan tadi itu sebagai pembuka jalan yang memberi tanda ke saya untuk minggir karena ada bus besar yang mau lewat.


Untuk menghindari kecelakaan cara ini bisa kalian tiru bila menggunakan bus-bus besar menuju pantai Ngobaran. Gunakan jasa masyarakat setempat, biasanya mereka nongkrong dengan sepeda motor di pinggir-pinggir jalan sebagai Vorjrider atau pembuka jalan.

Diskripsi Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran memang Unik.

Pesona tempat wisata di Gunung kidul akhir akhir ini sedang naik daun di kalangan para traveler lokal maupun mancanegara. Pantai ngobaran banyak orang bilang sebagai “Balinya Jawa / Bali Of Java” ini sangat berbeda dengan pantai pantai lainnya yang ada di Gunung kidul karena hanya di pantai Ngobaran ini kita bisa menemui bangunan pura dan patung-patung khas Hindu.

patung pantai ngobaran
Begitu anda masuk komplek pantai Ngobaran sesuatu yang unik langsung anda temui, yaitu keberadaan beberapa patung yang berdiri kokoh di tepi tebing. Dari tempat ini pula anda bisa melihat keindahan pemandangan yang luar biasa dari atas tebing batu karang. Anda bisa melihat deburan ombak yang besar menghantam tebing dan batu-batu karang, kalau air laut surut anda juga bisa melihat aktifitas penduduk setempat mencari rumput laut maupun landak laut atau kerang.
Pantai ngobaran berbatasan langsung dengan tebing batu karang yang curam dan hanya memiliki sedikit pantai yang tidak terlalu luas di bawah sana.

Untuk melihat pantai Ngobaran secara lengkap, dari tempat parkir kendaraan atau bus anda bisa langsung menuju ke arah kanan. Coba anda perhatikan dengan seksama satu persatu bangunan-bangunan tersebut. 
Anda heran,bingung, bertanya-tanya bangunan apa ini?
bangunan masjid di pantai ngobaran
Inilah pantai ngobaran , salah satu tempat wisata di Gunung kidul dengan budaya toleransi yang tinggi. Bangunan-bangunan tersebut adalah tempat-tempat ibadah dari berbagai agama dan kepercayaan. Berdiri tidak terlalu jauh antara satu dengan yang lainnya, saling berdampingan, saling berdekatan. 

Pantai Ngobaran adalah sebuah pantai yang juga sering digunakan untuk melakukan berbagai ritual keagamaan. Di pantai Ngobaran dapat di temui bangunan Joglo tempat peribadatan aliran Kejawan (bukan Kejawen), masjid tempat peribadatan umat Muslim, dan pura tempat peribadatan pemeluk agama Hindu yang terletak di atas bukit sebelah barat. 
Mesjidnya pun terlihat berbeda dengan mesjid-mesjid lainnya karena mengarah ke arah selatan (Laut). Namun walaupun arah masjidnya ke selatan, warga sekitar yang melakukan sholat disana tetap mendirikan sholat dengan menghadap arah kiblat yakni ke arah Kabah (ada tulisannya di Mesjidnya). 

Mengapa dinamakan pantai Ngobaran? 

Ngobaran berasal dari kata Kobaran yang artinya terbakar. Konon pantai ini disebut dengan Ngobaran karena salah satu bagian kawasan tempat ini dahulunya menjadi tempat bagi Prabu Brawijaya V (keturunan terakhir Kerajaan Majapahit 1464-1478 Masehi) membakar diri karena tidak mau berperang melawan putranya sendiri yaitu Raden Patah.
Tempat tersebut bisa anda temukan bila anda terus menyusuri jalan setapak yang ada di depan Joglo, anda akan menemukan sebuah kotak batu yang ditumbuhi tanaman kering. Tanaman tersebut dipagari dengan kayu berwarna abu-abu. Titik dimana ranting kering ini tumbuh konon merupakan tempat Brawijaya V berpura-pura membakar diri. 

Namun kebenaran cerita ini masih disangsikan oleh para ahli sejarah karena tidak ditemukan bukti-bukti yang menguatkan dugaan tersebut. 

Aktifitas yang bisa dilakukan di Pantai Ngobaran.

Anda ingin bermain-main dengan air dan pasir dipantai Ngobaran? 
Walaupun pantai Ngobaran mempunyai ciri khas tebing batu karang yang tinggi tetapi masih ada pantai yang tdak terlalu luas yang terletak di bawah bangunan pura. Anda hanya perlu sedikit berjuang menuruni anak tangga yang sudah di buat, harap hati-hati dan dilarang mandi karena ombaknya besar. 

Tidak puas bermain disini dan ingin mencari pantai yang lebih luas lagi? Anda tinggal naik lagi ke atas terus menyusuri jalan di depan Joglo sampai ke ujung barat, maka anda akan bisa melihat pantai Nguyahan. 
Anda sudah menemukan satu lagi tempat wisata di gunung kidul yaitu pantai nguyahan yang sangat dekat dengan pantai ngobaran, 

Aktifitas lain yang bisa anda lakukan atau anda jumpai pada saat air laut surut biasanya sore hari adalah anda akan menjumpai warga tengah mencari landak laut untuk dijadikan lauk saat makan malam harinya. Untuk bisa dimakan, landak laut dikepras dulu durinya hingga rata dan kemudian dipecah menggunakan sabit. Daging yang ada di bagian dalam landak laut kemudioan dicongkel dan kemudian dimasak. Landak laut yang didapat biasanya diberi bumbu berupa garam dan cabe kemudian digoreng. 
Menurut penduduk, daging landak laut cukup kenyal dan lezat. Sayangnya, tak banyak penduduk yang menjual makanan yang eksotik itu. Tapi kalau mau memesan, coba saja meminta pada salah satu penduduk untuk memasakkan. 

Pantai lainnya yang dekat dengan pantai ngobaran selain pantai Nguyahan adalah pantai Ngrenehan. Sekitar 2 km dari pantai Ngobaran. Pantai Ngrenehan adalah komplek nelayan serta pelabuhan ikan, sehingga kalau anda mau membeli ikan segar atau mencari masakan berbagai jenis ikan untuk oleh-oleh anda bisa mengunjungi tempat ini.

0 Response to "Pantai Ngobaran Tempat Wisata Di Gunung Kidul Dengan Budaya Toleransi Tinggi"

Post a Comment