google-site-verification: google342c2d2f68e5af07.html Air Terjun Sri Gethuk Tempat Wisata Terindah Di Gunung Kidul Jogja | Wisata Pantai Gunungkidul

Pantai Siung

Pantai Siung
Indonesia Climbers Gathering

Air Terjun Sri Gethuk Tempat Wisata Terindah Di Gunung Kidul Jogja

Air Terjun Sri Gethuk Tempat Wisata Terindah Di Gunung Kidul Jogja. Kabupaten Gunung kidul memang mempunyai sejumlah tempat wisata, sebut saja wisata pantai, wisata Gua yang saat ini lagi banyak dikunjungi wisatawan, wisata alam dan wisata air terjun. 
Gunung kidul dulu memang terkenal dengan kondisi alam yang tandus dan kering, namun siapa sangka ternyata banyak dijumpai tempat wisata air terjun di Gunung kidul. Salah satunya yang ramai dikunjungi wisatawan dalam beberapa tahun terakhir ini adalah air terjun Sri Gethuk yang saat ini bisa dikatakan sebagai tempat wisata air terjun terindah di Gunung kidul Jogja.

Mengunjungi tempat wisata air terjun Sri Gethuk di Gunung kidul bisa membuat anda merasa nyaman dan rileks. Bayangkan saja suasana disekitar air terjun pasti
penuh dengan pemandangan alam yang indah dan cantik, melihat pepohonan yang hijau, teduh, mendengarkan suara air yang jatuh dari ketinggian bisa membuat batin ini jadi tenang. Apalagi kalau kita bisa bermain-main air atau justru mandi dibawah air terjun tersebut maka rasa bahagia semakin lengkap.

Mengunjungi tempat wisata air terjun di Gunung kidul memang sebaiknya dilakukan pada saat musim penghujan karena debit air terjun pasti lumayan besar. Sebaliknya kalau musim kemarau maka debit air terjun hanya kecil, bisa jadi malah hilang karena tidak ada air. 
Namun demikian air terjun Sri Gethuk yang bisa saya katakan sebagai tempat wisata air terjun yang terindah di Gunung kidul Jogja sampai dengan saat ini tidak pernah mengalami kekeringan walaupun musim kemarau. Air selalu mengalir dengan deras, kalau musim penghujan atau banjir kadang airnya berwarna coklat, sebaliknya kalau musim kemarau debit air lebih kecil tetapi airnya jernih kebiru-biruan. 

Bila anda sudah mengunjungi beberapa air terjun yang ada di Gunung kidul ini dan kalau anda membandingkan dengan air terjun yang lainnya di jogja, barangkali anda berkesimpulan bahwa ini adalah salah satu air terjun terindah di jogja. Dengan demikian maka anda akan berkunjung lagi dengan membawa kerabat atau teman-teman sehingga air terjun yang indah di Gunung kidul jogja ini menjadi semakin dikenal banyak orang.  Untuk melengkapi kunjungan anda di Gunung kidul anda bisa juga mengungjugi Wisata Pantai Gunung kidul pasti anda akan semakin puas karena keindahannya.

Alamat Air Terjun Sri Gethuk 


Alamat Air Terjun Sri Gethuk yang merupakan salah satu andalan objek wisata di Gunungkidul, lokasinya berada di kawasan Desa Wisata Bleberan, tepatnya Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, sekitar 41 km arah Tenggara Kota Yogyakarta. Koordinat GPS: S7°56'36" E110°29'21". 

Untuk mengetahui jalur/jalan menuju lokasi air terjun dengan lebih detail, baca juga : Alamat Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun terindah di Jogja 


Air terjun Sri Gethuk memang saat ini menjadi unggulan utama sebagai tempat wisata di Gunung kidul dengan pemandangan alam dan air terjun yang cantik, indah dan keren. 
Coba anda perhatikan foto air terjun sri gethuk di atas, air terjun jatuhnya tidak langsung ke kedung atau ke muara sungai tetapi jatuh di bebatuan dan mengalir melebar ke sekitarnya. Sementara itu bebatuan batu karst di sekelilingnya secara alami membentuk semacam anak tangga maka ketika kena aliran air menjadikan air terjun-air terjun kecil yang melebar. Sungguh indah , cantik semacam hiasan di aquarium atau air terjun di taman-taman. 

Air Terjun Sri Gethuk memang betul-betul objek wisata di gunung kidul yang indah, hal ini terbukti dengan adanya beberapa syuting film di lokasi air terjun ini, syuting beberapa lagu dengan latar belakang air terjun Sri gethuk dan pengambilan foto air terjun ini. Bahkan yang sempat bikin heboh tahun lalu adalah adanya syuting film dari Hollywood Amerika yang sampai beberapa hari ditempat ini, dan lokasi air terjun Sri gethuk sempat ditutup untuk umum selama syuting ini berlangsung. 

Cara Menuju Lokasi Air Terjun 


Untuk menuju lokasi air terjun Sri Gethuk ada dua cara yang ditawarkan para pemandu setibanya anda di tempat parkir. 
  1. Cara pertama anda bisa jalan kaki kurang lebih 20 sampai 30 menit dengan menyusuri jalan setapak dan pematang sawah, sungai kecil kemudian sedikit naik turun tangga yang sudah dibuat baik dengan semen maupun dengan tanah dan batu. Kalau proses ini sudah anda jalani baru anda akan melihat air terjun Sri Gethuk. 
  2. Cara kedua dengan naik Gethek (perahu buatan) yang dibuat dari papan, bambu dan pelampungnya drum bekas yang dilengkapi dengan mesin diesel. 

Cara ini paling enak terutama bagi anda yang sudah capai atau males jalan. Dengan tarif naik gethek Rp 5.000,- anda bisa merasakan menyusuri sungai Oyo yang dikelilingi oleh tebing-tebing yang tinggi serta air terjun yang kecil-kecil sepanjang perjalanan. 

Fasilitas di objek wisata air terjun Sri Gethuk Gunung kidul. 


Seperti pada tempat wisata di Gunung kidul lainnya yang baru di buka fasilitas di sinipun belum begitu lengkap, namun kalau anda merasa lapar sudah tersedia beberapa warung makan dan minuman yang bisa anda pilih. Ada yang menyediakan oleh-oleh makanan khas tradisional Gunung kidul seperti gathot, thiwul, gula semut dan lainnya. 

Puaskan diri anda dan nikmati salah satu air terjun dijogja ini, karena memang Air Terjun Sri Gethuk merupakan tempat wisata air terjun terindah di Gunung Kidul Jogja.

2 Responses to "Air Terjun Sri Gethuk Tempat Wisata Terindah Di Gunung Kidul Jogja"

  1. ada contact person yg bs dihubungi..?

    ReplyDelete
  2. Terima Kasih Admin

     

    Wisata Jogja Sangat Menarik Ya,

    Sewa Mobil Yogyakarta

    Seawa Bus Yogyakarta

    Sewa Hiace Yogyakarta

    Sewa Elf Yogyakarta

    http://mataharitransport.com//

    http://mataharitransport.com/

    ReplyDelete