google-site-verification: google342c2d2f68e5af07.html Pantai Wediombo Gunung kidul Yogyakarta Punya Kolam Renang Alami Yang Sensasional | Wisata Pantai Gunungkidul

Pantai Siung

Pantai Siung
Indonesia Climbers Gathering

Pantai Wediombo Gunung kidul Yogyakarta Punya Kolam Renang Alami Yang Sensasional

Pantai Wediombo Gunung kidul Yogyakarta punya daya tarik baru bagi wisatawan yaitu dengan keberadaan kolam renang alami yang terselip diantara batu-batu karang pantai selatan tersebut. Belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan kolam renang alami ini. 
Bahkan penduduk sekitar pantai Wediombo atau anda yang pernah berkunjung ke tempat ini tidak menyadari
kalau ada cekungan yang menjadi kolam renang alami diantara batu-batu karang yang kokoh. Padahal saat ini cekungan atau laguna ini banyak dicari wisatawan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka untuk mengunjungi pantai Wediombo Gunung kidul Yogyakarta. 

Potensi Pantai Wediombo 


Pantai Wediombo Gunung kidul Yogyakarta sebagai salah satu tempat wisata pantai Gunung kidul mempunyai banyak daya tarik yang sudah dikenal pengunjung selama ini yaitu : 

Pantai Wediombo dilihat dari tempat parkir

  • Mempunyai pantai pasir putih yang luas dan panjang serta pinggir pantai yang teduh oleh rimbunnya pepohonan. • Tempat melihat dan mengambil foto sunset yang indah, karena pantai wediombo ini menghadap ke Batar. • Mempunyai spot mancing ikan besar dari tebing sisi sebelah kiri. 
  • Sebagai tempat olahraga selancar / surfing selain pantai Slili, karena ombak di pantai wediombo dianggap cocok untuk olahraga selancar ini. 
  • Dekat dengan beberapa pantai baru diantaranya adalah pantai Jungwok dan kawasan wisata alam Gunung Batur. 
  • Mempunyai batu- batu karang yang besar dan khas. 
  • Dan yang sedang kita bahas saat ini adalah Pantai wediombo Gunung kidul Yogyakarta punya kolam renang alami yang jarang dimiliki oleh pantai-pantai di gunung kidul lainnya. 
Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki pantai Wediombo Gunung kidul Yogyakarta ini seharusnya pantai Wediombo sudah banyak di kunjungi wisatawan. Namun kenyataannya walaupun pantai ini bukanlah pantai baru di Gunung kidul, jumlah pengunjungnya masih sedikit dan masih kalah pamor jika dibanding tempat wisata di Gunung kidul lainnya. 

Lokasi Kolam Renang Alami


Kolam renang alami yang sensasional namun sangat berbahaya kalau air lagi pasang naik

Pantai di Jogja yang bagus ini sebenarnya mempunyai beberapa tempat kolam renang alami atau laguna yang berada di sepanjang batu-batu karang pantai Wediombo Gunung kidul Yogyakarta. Salah satu diantaranya yang sedang menjadi favorit banyak orang adalah yang berada di ujung sebelah kiri. 

Setelah anda parkir kendaraan di tempat parkir trus anda menuruni anak tangga dan melewati deretan warung makan maka anda akan sampai di pinggiran pantai Wediombo. Dari tempat ini anda berjalan ke arah kiri menyusuri pantai dan lihatlah deretan batu-batu karang yang besar tersebut. Diantara batu-batu karang tersebut anda akan menemukan kolam renang alami ini. 

Kolam renang ini hanyalah cekungan yang dikelilingi oleh batu karang. Pada waktu air laut surut anda bisa bebas berenang atau berendam di kolam ini dengan aman. Andapun juga bisa melihat ikan-ikan berlarian di air yang bening dalam kolam ini yang terbawa air laut pada waktu pasang. 

Bahkan kalau anda berada pada posisi batu karang yang di depan, anda bisa sesekali merasakan guyuran air laut yang datang dan memuntahkannya dari balik batu karang tersebut, seperti permainan di waterbom. 

Rasakan sensasinya ketika anda diterpa guyuran ombak dan melihat buih-buih putih saling berkejaran. Sungguh sangat sensasional, eksotik, asik dan menyenangkan. Pantai Wediombo Gunung kidul Yogyakarta layak untuk coba kunjungi bersama keluarga atau teman. 

Sangat berbahaya saat air laut Pasang Naik

Saat air lagi surut kolam renang alami ini memang sangat bagus, namun saat air laut pasang anda harus hati-hati karena ombak besar akan sering datang menghampiri tempat ini bahkan bisa jadi kolam ini akan tertutup oleh air laut. Anda bisa terseret arus balik yang kuat menuju tengah laut. Untuk itu pada saat air laut pasang disarankan untuk tidak bermain-main di kolam ini karena bisa berbahaya. 

Handoko selaku ketua SAR wilayah satu Girisubo pernah mengatakannya dalam salah satu berita online “Kolam ini sebenarnya sangat berbahaya mas. Saya sering peringatkan pengunjung untuk tidak mandi di kolam saat gelombang besar,” ungkapnya. 

Bagi pengunjung yang tidak mengetahui karakter gelombang laut pantai wediombo Gunung kidul Yogyakarta, akan berakibat fatal bagi pengunjung tersebut. Oleh karena itu saat berlibur ke pantai selatan diharapkan pengunjung selalu mengindahkan himbauan tim SAR yang berjaga. 

Sudah banyak korban jiwa akibat tergulung oleh gelombang laut saat sedang menikmati wisata pantai selatan karena pengunjung tidak hati-hati dan tidak mengindahkan himbauan para petugas SAR yang berjaga.

Kalau hari minggu atau hari-hari tertentu saat kondisi ombak besar kalian juga bisa melihat anak-anak remaja berlatih surfing atau berselancar. Bukan hanya anak remaja di sekitar pantai atau atlit olah raga selancar dari Jogja dan Parangtritis saja yang berlatih, kadang beberapa orang bule juga ikut berselancar di pantai Wediombo. 

Anda sudah mulai lapar dan haus?

 

Cari tempat yang teduh di sepanjang pantai wediombo , nikmati semilirnya angin, melihat pemandangan pantai yang bagus sambil makan dan minum perbekalan yang kalian bawa. 
Selain itu kalian juga bisa makan atau minum di warung-warung yang berjejer di tepi pantai. Berbagai menu makanan dan minuman bisa anda pesan. Nasi rames, pecel, nasi goreng, bakso, mie ayam, ikan goreng, kopi, teh manis silahkan sesuaikan dengan selera anda. 
Ikan segar untuk di bawa pulang juga tersedia. Anda bisa membeli langsung dari para pemancing atau nelayan yang menjala ikan. 

Untuk membeli ikan segar yang di tangkap nelayan dari tengah laut sebaiknya anda datang sekitar jam 10.00 atau jam 11.00 siang ke rumah Mbah Tuki, karena orang ini mempunyai beberapa perahu dan yang mengkoordinir nelayan pantai wediombo. 

Lokasi rumah mbah Tuki beberapa ratus meter sebelum parkiran pantai wediombo. Rumah di pinggir jalan sebelah kanan yang juga sekaligus sebagai warung kelontong dan jual bensin. Kalian bisa langsung bertransaksi dengan nelayan yang menangkap ikan tersebut. 
Kadang kalau dapat ikan besar yang belum laku atau sudah dipesan pembeli namun belum dibawa pulang, ikan tersebut hanya digantung di pohon talok depan rumahnya, jadi siapapun yang lewat pasti akan melihatnya. 

Alamat pantai Wediombo 

Alamat : Desa Jepitu Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, sekitar 40 Km arah Tenggara kota Wonosari. 
Koordinat lokasi - GPS: S8°11'4" E110°42'28" .

Rute / Jalur utama : 
Dari kota wonosari atau terminal wonosari – menuju ke selatan arah pantai Baron – pertigaan mulo ke kiri – mentel – kantor kecamatan tepua – pertigaan desa Tepus – ke kiri arah Jepitu – pasar jepitu kekanan – Wediombo dan jungwok. 

Untuk rute yang lebih detail dari berbagai jurusan/daerah silahkan baca Jalur / rute / peta menuju pantai Wediombo

Fasilitas 

  • Kamar mandi 
  • Warung makan dan minum 
  • Gardu pengawas 
  • Tempat parkir, yang parkir mau menginap juga bisa silahkan hubungi tukang parkirnya. 
  • Ada penginapan. 

Selamat berlibur dan dapatkan kebahagiaan anda di pantai Wediombo Gunung kidul Yogyakarta.

1 Response to "Pantai Wediombo Gunung kidul Yogyakarta Punya Kolam Renang Alami Yang Sensasional"

  1. Terima Kasih Admin

     

    Wisata Jogja Sangat Menarik Ya,

    Sewa Mobil Yogyakarta

    Seawa Bus Yogyakarta

    Sewa Hiace Yogyakarta

    Sewa Elf Yogyakarta

    http://mataharitransport.com//

    http://mataharitransport.com/

    ReplyDelete