google-site-verification: google342c2d2f68e5af07.html Pantai Depok Jogja Tempat Wisata Kuliner Seafood Di Bantul | Wisata Pantai Gunungkidul

Pantai Siung

Pantai Siung
Indonesia Climbers Gathering

Pantai Depok Jogja Tempat Wisata Kuliner Seafood Di Bantul

Pantai Depok Jogja berada di sebelah barat pantai Parangtritis dan Parang Kusumo. Sebuah pantai yang cukup luas dengan ombak yang lumayan besar juga pantai yang sibuk dengan aktifitas para nelayan setiap harinya. 
Pantai depok Jogja sekarang menjadi tempat wisata Bantul dengan ciri khas menyajikan makanan olahan hasil laut dan ikan segar. Aktifitas ini dimulai sekitar 10 tahun yang lalu, atau sekitar tahun 1997 saat nelayan dari pantai Cilacap menemukan tempat ini dan dirasa layak untuk pendaratan ikan. 

Perkembangan dari tahun ke tahun semakin baik, karena jumlah tangkapan yang cukup besar, maka
warga setempat pun membuka Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) yang kemudian dilengkapi dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) bernama Mina Bahari 45. Tempat pelelangan ikan di pantai ini bahkan menerima setoran ikan yang ditangkap oleh nelayan di pantai-pantai lain. 

http://pantaijungwok.blogspot.com/

Setelah berjalan beberapa puluh meter dari tempat parkir anda akan langsung melihat keramaian di tempat pelelangan Ikan, anda juga akan disambut oleh deretan warung-warung makan yang berjejer yang siap melayani kebutuhan makan anda. Disinilah pusatnya kuliner di Bantul dengan ciri olahan hasil laut banyak disajikan. 

Aktifitas Di Pantai Depok Jogja

Aktifitas paling ramai kalau pagi sampai siang, kapal nelayan keluar masuk pantai. Sementara di tempat pelelangan ikan ramai dengan transaksi jual beli ikan yang dilakukan para pedagang maupun wisatawan yang pingin membeli maupun hanya mau melihat jalannya lelang ikan. 

Kalau anda berjalan terus beberapa meter dari TPI anda akan berada di pantai yang berpasir lembut dan akan bersinar kerlap-kerlip bila diterpa teriknya sinar matahari. Inilah pantai Depok Jogja yang mempunyai ombak lumayan besar sehingga anda dilarang untuk mandi di lokasi ini karena sangat berbahaya. Kalau hanya sekedar bermain –main air di tepi pantai masih diperbolehkan dan aman. 

http://pantaijungwok.blogspot.com/

Anda mempunyai banyak waktu dan kuat berjalan agak jauh, anda juga bisa menyusuri pantai depok Jogja menuju arah Timur atau ke kiri menuju pantai Parang Kusumo atau menuju ke Gumuk Pasir atau mau naik delman di pantai Parangtritis. 

Gumuk pasir yang ada di pantai ini adalah satu-satunya di kawasan Asia Tenggara dan merupakan suatu fenomena yang jarang dijumpai di wilayah tropis. Di sini, anda bisa menikmati hamparan pasir luas, bagai di sebuah gurun. 

Gumuk pasir yang terdapat di dekat Pantai Depok terbentuk selama ribuan tahun lewat proses yang cukup unik. Angin laut dan bukit terjal di sebelah timur terjadi karena angin menerbangkan pasir hasil aktivitas gunung Merapi yang terendap di dekat sungai menuju daratan, membentuk bukit pasir atau gumuk. 

Memang ke tiga pantai ini sekarang menjadi tempat wisata di Bantul yang menjadi favorit para pengunjung. Pantai Parangtritis dan pantai Parangkusumo memang sudah lama terkenal sedang pantai Depok sekarang menjadi pilihan para pengunjung untuk mencicipi masakan seafood dengan berbagai macam olahan maupun tempat untuk membeli ikan laut segar langsung dari para nelayan pantai selatan Jogja ini. 

Berbagai macam jenis ikan dengan harga terjangkau bisa anda dapatkan di pantai Depok Jogja, antara lain jenis ikan kakap, cakalang, bawal, bandeng, tongkol, layur, kepiting, udang, pari, kerapu, cucut, cumi-cumi bahkan ikan hiu jenis kecil juga sering ada. Warung makan-warung makan seafood di pantai Depok Jogja pada umumnya menawarkan nuansa tradisional. 

Menikmati masakan ikan laut di pantai Depok Jogja

Bangunan warung makan tampak sederhana dengan atap limasan, sementara tempat duduk banyak yang dirancang lesehan menggunakan tikar dan meja-meja kecil. Meski sederhana, warung makan tampak bersih dan nyaman. Beragam hidangan ikan laut bisa dicicipi. 
Hidangan ikan yang paling populer dan murah adalah ikan cakalang. Jenis ikan lain yang bisa dinikmati adalah kakap putih, kepiting, udang, cumi-cumi dan kakap merah. Jenis ikan yang harganya agak mahal adalah jenis ikan bawal.

Ada dua cara untuk menikmati masakan ikan laut pantai depok Jogja yang bisa anda pilih : 
  1. Memilih dan membeli langsung ikan yang akan di santap. 
http://pantaijungwok.blogspot.com/

Caranya adalah anda membeli ikan yang diinginkan di warung-warung penjual ikan segar di sekitar pantai depok, kemudian memilih warung makan untuk memasakkan sesuai dengan keinginan kita (bakar atau goreng atau masakan yang lainnya).
Sambil menunggu masakan anda bisa minum sesuai keinginan sambil menikmati pemandangan laut pantai Depok. Dalam waktu yang tidak begitu lama maka masakan yang anda inginkan sudah siap disajikan lengkap dengan nasi, lalapan dan sambal. 

Cara ini sangat asik saat kita menikmati makanan bersama keluarga atau rombongan. Selain karena anda bisa menentukan kwalitas ikan yang akan anda makan juga karena makan secara bersama-sama adalah suatu kenikmatan tersendiri. 
Jangan lupa kalau Masakan ikan tidak habis dan masih ada sisa, minta ke pemilik warung membungkusnya untuk anda bawa pulang. 
       2. Memesan langsung ke pemilik warung makan. 
http://pantaijungwok.blogspot.com/

Warung-warung makan juga sudah menyiapkan menu masakan yang biasa disajikan, anda tinggal memilih menu masakan saja.  

Akses menuju Pantai Depok Jogja


Alamat pantai Depok Jogja 
Pantai Depok Jogja terletak di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Akses untuk menuju Pantai Depok Jogja sangat mudah yaitu kalau anda sudah pernah ke Pantai Parangtritis maka menuju pantai Depok masih satu jalur dengan jalur menuju Pantai Parangtritis. 
Dari pusat Kota Yogyakarta, anda menuju jalan Parangtritis dan ketika memasuki Kecamatan Kretek, ada rambu-rambu petunjuk menuju arah Pantai Depok dan Parangtritis akan jelas terpampang di pinggir jalan.

Jalan menuju pantai Depok
Sebagai salah satu tempat wisata di Bantul dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan umum ataupun pribadi. 
Kalau menggunakan angkutan umum untuk sampai ke lokasi pantai Depok harus disambung dengan naik Ojek. 

  • Jalan Menuju Pantai Depok Dengan Angkutan Umum :

Dari Terminal Giwangan menuju Pantai Depok yogyakarta langsung naik jurusan Parangtritis atau naik bus jurusan Jogja – Tempel tarif sekitar Rp.3000. 
Turun di perempatan ringroad selatan jalan Parangtritis,  kemudian naik Bus jurusan Parangtritis Rp.6000,- kemudian minta turun di depan loket tiket masuk Parangtritis, 
Dari sini kemudian ikuti jalan didepan loket ini menuju ke kanan atau arah Barat jalan kaki sejauh 2km atau naik ojek dengan ongkos antara Rp. 7000-Rp.10.000. 


  • Rute Perjalanan Wisata pantai Depok Jogja dengan mobil pribadi atau sepeda motor
Kalau anda menggunakan kendaraan pribadi atau naik motor, ada dua jalan yang bisa anda lewati untuk sampai di Pantai Depok Jogja, yaitu :
  1. Sebelum Retribusi Parangtritis. 
Dari kota Yogyakarta atau dari manapun yang penting anda menemukan jalan Parangtritis. 
Kemudian anda bisa melewati Jl. Parangtritis ini untuk menuju ke arah selatan sejauh kurang lebih 30 km, sesampainya di pertigaan tepat sebelum tempat retribusi Pantai Parangtritis, Anda ambil jalan ke kanan atau ke barat (posisi retribusi pas di selatan pertigaan itu). Anda terus menuju ke barat melewati jalan aspal dalam perkampungan, turut jalan tersebut kemudian sampailah pada tempat retribusi untuk Pantai Depok. 
    
      2. Sesudah Retribusi Parangtritis. 

Anda beli tiket masuk ke pantai Parangtritis dulu, setelah masuk ke retribusi pantai Parangtritis, Anda akan bertemu dengan pertigaan kecil Hotel Gandung, ambil arah ke barat (kanan), Anda akan disuguhi bukit-bukit pasir di sepanjang jalan aspal menuju ke Pantai Depok. Setelah jalan habis, Anda sudah sampai di Pantai Depok dan siap memarkir mobil atau motor Anda. (sudah tidak ada retribusi lagi) 

Selamat berlibur di Pantai Depok Jogja sebagai salah satu tempat Wisata di Bantul yang mempunyai ciri khas tempat pasar ikan dan kuliner hasil laut.

2 Responses to "Pantai Depok Jogja Tempat Wisata Kuliner Seafood Di Bantul"

  1. jangan lewatkan kesempatan dapat keuntungan ratusan juta rupiah setiap hari dari situs resmi 8TOGEL segera daftar dan bermain sekarang juga

    ReplyDelete