google-site-verification: google342c2d2f68e5af07.html 17 Pantai Di Gunungkidul Jogja Yang Wajib Dikunjungi | Wisata Pantai Gunungkidul

Pantai Siung

Pantai Siung
Indonesia Climbers Gathering

17 Pantai Di Gunungkidul Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Pantai di Gunungkidul Jogja memang menjanjikan keindahan dan pesona yang tidak akan mudah untuk dilupakan ketika anda sudah mengunjunginya. Hamparan pasir putih yang lembut di sepanjang pantai, deburan ombak yang kadang-kadang sangat besar menabrak batu karang kemudian memunculkan buih-buih putih dan embun beterbangan yang kemudian membentuk pelangi ketika diterpa sinar matahari merupakan pemandangan indah yang sering akan anda jumpai ketika mengunjungi pantai di Gunungkidul Jogja.

Pantai di Gunungkidul Jogja sebagai sumber penghidupan 

 

Pantai di Gunungkidul Jogja juga memberikan sumber makanan dan sumber penghidupan bagi masyarakat sekitarnya. Berbagai aktifitas atau pekerjaan yang berhubungan langsung dengan laut
dan seisinya antara lain bisa menjadi nelayan, mancing ikan laut, mencari rumput laut dan ungsal (sejenis kerang-kerangan), tukang ngrendet (menangkap udang lobster dari bibir pantai dengan alat berbentuk lingkaran dengan umpan dan jaring ditengahnya), mencari kulit kerang untuk kerajinan, menangkap ikan-ikan hias, pemandu snorkeling dan surfing dan banyak lagi aktifitas lainnya.

Keindahan pantai di Gunungkidul Jogja tentu saja harus selalu dijaga, dirawat dan dilestarikan. Keindahan alam, keindahan pantai, kreatifitas serta digabungkan dengan menejemen pengelolaan yang baik serta berkelanjutan tentu akan semakin menambah daya pesona pantai di Gunungkidul.

Kondisi pantai di Gunungkidul Jogja

 

Deretan nama pantai di Gunungkidul Jogja dari wilayah barat berbatasan dengan pantai Parangtritis sampai ke Timur yang berbatasan dengan Wonogiri Jawa tengah jumlahnya ratusan pantai, dan yang pasti semuanya menjanjikan keindahan yang berbeda-beda. Banyak tempat wisata pantai Gunung kidul ini yang sampai saat ini masih tersembunyi belum tersentuh oleh pengunjung dari luar daerah, karena untuk menjangkau wilayah tersebut memang masih sangat sulit, belum ada akses jalan.

Ada pula pantai di Gunungkidul yang sudah mulai dikunjungi wisatawan namun jumlahnya masih sedikit karena memang jalan menuju pantai ini masih sulit dijangkau dengan mobil, walaupun bisa dijangkau dengan sepeda motor tetapi jalannya masih tanah berbatu dan sempit sehingga masih banyak mengalami hambatan. Selain itu promosi untuk pantai ini masih belum banyak dilakukan, biasanya pantai ini adalah pantai yang mulai diberdayakan oleh masyarakat sekitarnya melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Pantai di Gunungkidul yang sudah dikenal banyak orang dan ramai dikunjungi wisatawan. Pantai seperti ini selain karena keindahan pantai dan keindahan alam sekitarnya memang luar biasa bagus biasanya juga karena fasilitas penunjang pariwisata seperti penginapan, MCK, tempat ibadah, warung makan, toko souvenir dan tempat parkir sudah ada , juga karena akses jalan ke lokasi sudah mudah, mulus dan bahkan bisa dilewati bus-bus besar.

Rekomendasi pantai di Gunungkidul Jogja yang wajib dikunjungi. 

 

Pantai di Gunungkidul Jogja yang wajib dikunjungi berikut ini kami rekomendasikan untuk anda kunjungi baik bersama keluarga atau teman anda ataupun mengunjungi secara rombongan. Pantai Di Gunungkidul Jogja yang kami rekomendasikan ini karena memang layak anda kunjungi juga karena sudah didukung dengan fasilitas yang lengkap seperti gambaran kami di atas, jalannya juga sudah mulus bisa dilalui dengan bus-bus besar kapasitas 52 tempat duduk.

Nama-nama pantai di Gunungkidul Jogja yang kami rekomendasikan tersebut kami bagi dalam 3 bagian sesuai zona lokasinya. Pantai tersebut antara lain :

  1. Pantai di Gunungkidul Jogja bagian/sisi sebelah Barat, ada pantai Ngobaran dan Pantai Ngrenehan.
Pantai Ngobaran

Pantai Ngrenehan
  • Pantai Ngobaran adalah pantai dengan nuansa religi, karena di tempat ini berdiri bangunan-bangunan tempat ibadah dari berbagai agama yang ada di Indonesia.
  • Pantai Ngrenehan yang berada tidak jauh dari pantai Ngobaran merupakan pelabuhan ikan bagi para nelayan. Berbagai ikan segar dan olahan ikan laut bisa anda dapatkan di pantai Ngrenehan. 
Sudah ada satu penginapan di pantai Ngobaran yang terletak di sebelah kanan jalan, beberapa puluh meter sebelum pantai Ngobaran. Sayangnya kami waktu ke sana tidak sempat mencari informasi sehingga kami belum bisa memberikan gambaran lengkap tentang penginapan ini baik fasilitas, harga dan nomor kontaknya. 
Waktu tempuh perjalanan menuju pantai ngobaran dari kota wonosari kira-kira 1-2 jam.
Untuk mengetahui ulasan atau gambaran lebih detail tentang pantai Ngobaran dan pantai Ngrenehan, serta jalur/peta/rute menuju pantai ini silahkan baca di blog ini juga.

Kepada temen-temen yang mengetahui informasi tentang Penginapan di pantai Ngobaran ini tolong berbagi informasi di komentar karena banyak yang ingin tahu penginapan di pantai Ngobaran, sementara informasinya sangat minim.


        2. Pantai di Gunungkidul Jogja bagian/sisi sebelah Tengah, ada pantai pantai antara lain:
Pantai krakal

Pantai Sadranan
  • Pantai Baron (aktifitas nelayan dan sungai dari dalam gunung)
  • Pantai Kukup (pasar ikan Hias air laut dan dikenal Tanah Lotnya pantai di Jawa)
  • Pantai Sepanjang (pantai pasir putih yang luas dan panjang, sering sebagai ajang voley pantai)
  • Pantai Drini (aktifitas nelayan dan ada pulau yg bisa dijangkau)
  • Pantai Krakal (tempat berselancar) dan pantai Sarangan 
  • Pantai Sadranan (tempat Snorkeling) 
  • Pantai Slili (tempat berselancar dan snorkeling) 
  • Pantai Ngandong (bisa sewa / naik kapal bot ke tengah laut) 
  • Pantai Sundak 
  • Pantai Somandeng (letaknya di sebelah barat pantai Indrayanti)
  • Pantai Indrayanti 
  • Pantai Drini

Catatan : 
  • Pantai Krakal, pantai Sarangan, Pantai Slili dan pantai Sadranan letaknya berdekatan. Fasilitas pendukung, warung makan dan penginapan sudah banyak. 
  • Pantai Ngandong dan Pantai Sundak saling berdekatan. Dari Tempat parkir kendaraan dan Bus kalau jalan kaki ke kanan berarti menuju Pantai Ngandong dan kalau jalan kaki lurus atau ke kiri berarti menuju pantai Sundak yang teduh. 
  • Pantai Somandeng dan Pantai Indrayanti ini letaknya satu deret. 

                   
      3. Pantai di Gunungkidul Jogja bagian/sisi sebelah Timur, ada pantai antara lain:
  • Pantai Siung (dikenal dengan pantai yang asik buat camping dan tempat panjat tebing tingkat internasional)
  • Pantai Nglambor (tempat Snorkeling). Pantai Siung dan pantai Nglambor ini satu jalur dan saling berdekatan.
  • Pantai Wediombo (pantai tempat berselancar/surfing dan mancing ikan besar).
  • Pantai Sadeng (pelabuhan ikan terbesar di Gunungkidul, dekat dengan sungai bengawan solo purba).

Untuk mengetahui ulasan atau gambaran lebih detail tentang keseluruhan pantai-pantai tersebut, tentang penginapan, hotel  serta jalur/peta/rute jalan menuju pantai di Gunungkidul Jogja, silahkan anda baca pada link tersebut diatas dan di blog ini juga.

Semoga informasi tentang 17 Pantai di Gunungkidul Jogja yang wajib dikunjungi ini bisa membantu anda dalam menentukan pilihan-pilihan yang terbaik untuk mengunjungi pantai di Gunungkidul Jogja.

2 Responses to "17 Pantai Di Gunungkidul Jogja Yang Wajib Dikunjungi"

  1. nice info kak, harus di jogja kalau udah liburan semester

    ReplyDelete
  2. Apakah sedang mencari biro paket wisata Karimunjawa yang menawarkan paket tour karimunjawa terbaru tahun ini. silahkan kunjungi www.tourkarimunjawa.net. Terimakasih

    ReplyDelete