google-site-verification: google342c2d2f68e5af07.html Embung Nglanggeran Tempat Wisata Baru Di Gunung kidul Jogja Selain Pantai | Wisata Pantai Gunungkidul

Pantai Siung

Pantai Siung
Indonesia Climbers Gathering

Embung Nglanggeran Tempat Wisata Baru Di Gunung kidul Jogja Selain Pantai

Embung Nglanggeran berada di sebelah timur puncak Gunung api purba, adalah sebuah telaga buatan yang berada dipuncak bukit yaitu bukit Gandu. Puncak bukit Gandu di potong kemudian dikeruk dijadikan telaga buatan untuk menampung air tadah hujan. 

Deskripsi Embung Nglanggeran


Diresmikan oleh Sultan Hamengku Buwono X pada 19 Februari 2013 dengan nama resmi embung Nglanggeran adalah Kebun Buah Nglanggeran karena
pembuatan embung ini memang tujuan utamanya untuk mengairi kebun buah yang ada di sekitarnya. Namun karena terkenal dengan embung di puncak bukit yang berada di komplek wisata gunung api purba Nglanggeran, maka sekarang lebih dikenal dengan Embung Nglanggeran. 

Embung Nglanggeran Tempat Wisata Baru Di Gunung kidul Jogja Selain Pantai
Embung Nglanggeran sangat indah dan bagus untuk dikunjungi siang maupun malam hari

Pada awalnya, terdapat dua tempat yang diusulkan menjadi embung yaitu Kawasan Gunung Pendem dan Gunung Gandu. Setelah berbagai pertimbangan seperti ketinggian yang memungkinkan untuk pengairan dengan sistem gravitasi, maka dipilih kawasan Gunung Gandu untuk dibuat telaga di puncaknya yang kemudian dikenal dengan embung Nglanggeran tersebut. 

Untuk menuju Embung Nglanggeran tidaklah sulit karena mobil bisa sampai di bawah embung Nglanggeran. Anda bisa mengikuti papan penunjuk arah atau bertanya kepada penjaga di pintu obyek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran. 
Selama perjalanan menuju embung Nglanggeran anda sudah bisa mulai menikmati keindahan batu-batu yang besar dari gunung api purba, namun anda juga harus hati-hati karena disisi yang lain ada jurang yang cukup dalam. 

Setelah kurang lebih 15 menit perjalanan dari tempat pintu masuk ini anda akan sampai di lokasi parkir embung Nglanggeran. Untuk mencapai puncak embung Nglanggeran anda harus mendaki puluhan anak tangga yang berkelok-kelok. 
Diperlukan fisik dan tenaga yang ekstra untuk mendaki anak tangga selama kurang lebih 10 menit. Kalau capai bolehlah istirahat sebentar, tengok kanan kiri melihat pemandangan gunung api purba dan hijaunya pepohonan buah-buahan disekitar. 
Lanjut lagi menaiki anak tangga dan begitu sampai di puncak maka mata akan disuguhi pemandangan telaga buatan yang indah. Anda bisa berjalan mengelilingi embung Nglanggeran untuk menikmati keindahannya dan tidak perlu kawatir akan kecebur ke tengah embung karena sudah ada pagar pembatas keliling embung tersebut. 

Wisatawan yang mengunjungi Embung Nglanggeran dilarang untuk membuang sampah, mandi atau memancing. 


Embung Nglanggeran merupakan tempat wisata baru di Jogja karena keberadaan embung yang berada di puncak bukit ini. Sangat jarang kita bisa menemukan embung di puncak bukit, biasanya ada di lembah atau di dataran. 

Selain mempunyai tujuan utama untuk mengairi kebun buah saat musim kemarau, embung Nglanggeran juga mempunyai tujuan sebagai upaya untuk mendukung kegiatan pariwisata di Desa Wisata Nglanggeran atau kawasan Ekowisata Gunung Api Purba. 
Dengan harapan bisa menjadi tempat wisata di gunung kidul Jogja yang semakin banyak diminati dan dikunjungi wisatawan baik lokal maupun wisatawan manca negara. 

Selama ini tempat wisata di Gunung kidul Jogja lebih di kenal dengan wisata pantai selatan yang berpasir putih. Tentu dengan keberadaan tujuan wisata Gunung api purba dan embung Nglanggeran yang berada dalam satu area ini sangat menyenangkan dan menarik bagi wisatawan untuk mengunjunginya, bisa menjadi alternatif dan semakin memperkaya pilihan wisata gunung kidul selain pantai.


Fasilitas


Di kawasan embung terdapat gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat, salah satu saung menyediakan makanan dan minuman ringan untuk para pengunjung. 
Ada juga tersedia dua buah toilet yang dapat digunakan, dan pada sisi yang lain ada bangku di bawah pohon untuk duduk menikmati kesejukan embung nglanggeran dan ada juga area untuk camping.
Bagi anda yang mau menginap juga sudah ada beberapa homestay yang bisa disewa di sekitar embung Nglanggeran.


Lokasi Embung Nglanggeran 


Embung Nglanggeran Tempat Wisata Baru Di Gunung kidul Jogja Selain Pantai
Rute menuju ke Embung Nglanggeran dari berbagai kota,  sama dengan rute menuju Gunung api purba Nglanggeran

Embung Nglanggeran terletak di Dusun Nglanggeran Wetan Patuk Gunungkidul Yogyakarta. Dari basecamp Gunung Api Purba Nglanggeran embung ini berjarak sekitar 2 km atau perjalanan sekitar 15 menit. 

Rute jalan menuju embung Nglanggeran dari berbagai kota sama dengan rute jalan atau peta gunung api purba Nglanggeran. 
Begitu masuk gerbang area gunung api purba Nglanggeran silahkan ikuti papan petunjuk arah ke embung Nglanggeran atau tanya ke orang terdekat disana, mereka akan dengan senang hati menunjukkan arahnya. 

Selamat menikmati indahnya Embung Nglanggeran tempat wisata baru di Gunung kidul Jogja selain pantai.

3 Responses to "Embung Nglanggeran Tempat Wisata Baru Di Gunung kidul Jogja Selain Pantai "

  1. Wah bagus juga ya ternyata Embung Nglanggeran. Coba ah besok Minggu kesana. Semoga cuaca cerah. Thanks min informasinya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, keindahan embung Nglanggeran memang tidak diragukan lagi bos. Terima kasih kunjungannya.

      Delete
  2. Keren Sekali Informasinya gan, Terima kasih
    Rental Mobil Jogja

    ReplyDelete