google-site-verification: google342c2d2f68e5af07.html Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti Dan Tempat Wisata Di Gunung kidul Lainnya | Wisata Pantai Gunungkidul

Pantai Siung

Pantai Siung
Indonesia Climbers Gathering

Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti Dan Tempat Wisata Di Gunung kidul Lainnya

Harga tiket masuk pantai Indrayanti dan tempat wisata di Gunung kidul lainnya. Sejak akhir Januari 2014 harga tiket masuk pantai Indrayanti dan tempat wisata di Gunungkidul lainnya mengalami kenaikan sebesar 100% atau dua kali lipat dibanding tarif sebelumnya. 

Dasar pemberlakuan tarif baru (kenaikan) pada tempat wisata ini setelah DPRD dan Pemerintah Daerah Gunungkidul sepakat dan menyetujui adanya Perubahan Perda no. 6 tahun 2012 tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga. Kemudian disusul dengan dikeluarkannya Keputusan Bupati tentang
petunjuk pelaksanan penerapan tarif baru sesuai dengan Perda Perubahan Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga nomor 6 tahun 2012. Perubahan Perda tersebut tertuang dalam Perda No. 17 tahun 2013.


Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti Dan Tempat Wisata Di Gunung kidul Lainnya
Papan pengumuman Harga Tiket Masuk Pantai Di Gunung kidul Naik


Tujuan diberlakukannya kenaikan tarif baru ini adalah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Gunungkidul dari sektor pariwisata yang akan dimanfaatkan untuk meningkatkan pembangunan. 

Anda hobi traveling? Anda sebaiknya mencoba wisata pantai Gunungkidul dan tempat lainnya yang menyimpan sejuta keindahan untuk dikenang. Untuk itu agar bisa membantu anda merencanakan keuangan dengan baik simak penjelasan saya tentang harga tiket masuk beberapa tempat wisata di Gunungkidul berikut ini. 

Berikut daftar resmi harga tiket masuk pantai Indrayanti dan tarif/retribusi tempat wisata di Gunungkidul yang harus masuk ke kas pemerintah daerah adalah : 

  1. Tiket masuk Pantai Baron, Indrayanti, Kukup, Krakal, Drini sebesar Rp 9.500,-/orang. 
  2. Tiket masuk pantai Sadeng, Wediombo, Ngrenehan, Ngobaran, pantai Siung sebesar Rp 5.000,-/orang. 
  3. Tiket masuk tempat wisata Kali suci Rp 5.000,-/orang. 
  4. Tiket masuk tempat wisata Air Terjun Sri Gethuk dan Gunung Api Purba Nglanggeran Patuk sebesar Rp 2.000,-/orang. 
  5. Retribusi untuk masuk kawasan Gunung Gambar di Ngawen sebesar Rp2.800,-/orang. 
  6. Retribusi untuk masuk kawasan Gua Cerme Rp 2000,-/orang. 
  7. Tiket masuk Aquarium Laut di pantai Kukup sebesar Rp 1000,-/orang. 
  8. Tiket masuk goa pindul sebesar rp 10.000,-/orang.
  9. Biaya asuransi sebesar Rp 500,- per orang untuk sekali masuk.
Itulah daftar retribusi beberapa tempat rekreasi yang secara resmi ditetapkan oleh Pemda Kabupaten Gunungkidul. 

Namun demikian perlu anda ketahui bahwa ada beberapa tempat wisata yang harga tiket masuknya lebih besar bahkan sampai beberapa kali lipat dari yang ditetapkan oleh pemerintah tersebut di atas. 

Anda tidak usah kawatir, hal ini (tarif retribusi lebih besar) bukanlah pungutan liar, tetapi besarnya retribusi tersebut sudah merupakan kesepakatan pihak pengelola dan Pemerintah Daerah. 

Hal ini bisa terjadi karena : 
  • Katagori Tambahan tarif retribusi hanya beberapa ribu saja. 
Tempat rekreasi tersebut awalnya dibuka , dikembangkan dan dikelola oleh kelompok masyarakat. Bahkan kemungkinan sebagian tempat rekreasi atau obyek wisata alam tersebut pada awalnya berada di lahan-lahan milik perorangan. 
Seiring dengan perkembangan waktu, tempat rekreasi tersebut semakin lama semakin di kenal banyak orang dan pengunjung semakin banyak maka biasanya pemerintah baru masuk untuk melakukan pembinaan, penataan dan ikut menetapkan retribusi. 
Dengan demikian retribusi atau tiket masuk yang anda bayarkan merupakan pendapatan untuk kedua belah pihak yaitu pemerintah dan pihak pengelola. Untuk obyek wisata katagori ini biasanya penambahan retribusi hanya beberapa ribu saja dari yang di pungut oleh pemerintah. 
Contoh : 
Anda mengunjungi desa-desa wisata 
  • Katagori tambahan tarif retribusi sampai beberapa kali lipat. 
Di tempat rekreasi tersebut awalnya dikelola oleh kelompok masyarakat seperti nomer 1 tersebut di atas, serta ada tambahan fasilitas dan jasa yang menjadi satu paket dan bisa langsung dirasakan manfaatnya saat itu juga, yang diberikan oleh pihak pengelola untuk anda. 
Contoh :
Anda mengunjungi Goa Pindul. Harga tiket masuk Goa Pindul menjadi lebih mahal sekitar Rp 35.000,-/orang. Karena dengan harga ini anda sudah mendapatkan paket lengkap berupa baju pelampung, perahu, dan pendamping selama anda menyusuri gua dan sungai di goa pindul.

Baca juga : 1. Pantai Indrayanti Tempat Wisata di Jogja Mirip Kuta Bal.


Demikian gambaran tentang harga tiket masuk pantai Indrayanti dan tempat wisata di Gunungkidul lainnya mudah-mudahan bisa membantu dan memudahkan untuk merencanakan liburan anda.

2 Responses to "Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti Dan Tempat Wisata Di Gunung kidul Lainnya"