google-site-verification: google342c2d2f68e5af07.html Kali biru Jogja Obyek Wisata Kulon progo Yang Indah | Wisata Pantai Gunungkidul

Pantai Siung

Pantai Siung
Indonesia Climbers Gathering

Kali biru Jogja Obyek Wisata Kulon progo Yang Indah

Kali biru Jogja obyek wisata kulon progo yang indah. Kabupaten Kulon progo Yogyakarta memang dikenal mempunyai berbagai tempat wisata, ada wisata pantai, wisata Goa, wisata religi dan wisata alam.
Kali biru adalah sebuah desa wisata di kabupaten Kulon Progo Yogyakarta yang karakteristik kontur tanahnya berbukit-bukit dan dikelilingi oleh hutan Perbukitan Menoreh. Sejak tahun 2008 atas persetujuan dari Dinas Kehutanan masyarakat Kali biru diberi waktu uji coba selama 5 tahun untuk mengelola kawasan hutan, maka sejak saat itu masyarakat mulai mengelola hutan kali biru ini agar bisa menjadi tempat wisata.


Pada awalnya masyarakat Kali biru Jogja banyak menanam pohon untuk penghijauan agar hutan ini tidak gersang, membangun jalan setapak sebagai jalur treking kemudian pembangunan berbagai fasilitas lain seperti homestay, jogjo pertemuan, sarana MCK, gardu pandang, camping ground, fasilitas outbond serta fasilitas flying fox. 

Dari tempat ini kurang lebih ketinggian 450 mdpl wisatawan bisa menyaksikan landskap Perbukitan Menoreh yang menghijau serta bisa melihat panorama Waduk Sermo yang berada di bawah sana. Waktu Uji Coba yang diberikan oleh Dinas Kehutanan Kabupaten Kulon progo untuk pengelolaan hutan kepada masyarakat Kalibiru selama 5 tahun tersebut sekarang sudah mulai memberikan hasil yang bagus. 


http://pantaijungwok.blogspot.co.id/
Kali biru Jogja

Hasil dari kerja keras masyarakat dapat kita lihat seperti sekarang dan Kali biru sudah berhasil menjadi salah satu Obyek wisata kulon progo yang diminati banyak pengunjung dari Jogja dan sekitarnya maupun dari luar daerah. 

Untuk perjalanan menuju Kali biru, lebih baik anda masuk ke kawasan wisata waduk Sermo terlebih dahulu. Dengan membayar hanya Rp. 4000 anda bisa melihat pemandangan di waduk Sermo yang gak kalah indahnya, sambil berjalan menuju Kalibiru anda bisa menikmati keindahannya waduk tersebut.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Kali biru Jogja 


Desa Wisata Kali biru sebagai salah satu obyek wisata kulon progo yang mengedepankan keindahan alam pegunungan, beragam aktivitas bisa dinikmati seperti outbond, berwisata pedesaan, wisata budaya, wisata pendidikan, wisata keluarga, dan treking. 
Saat menuju bagian atas gardu pandang, Anda akan takjub menikmati pemandangan alam yang sangat memukai, garis pantai dan pemandangan Waduk Sremo akan senantiasa terlihat sangat apik 

http://pantaijungwok.blogspot.co.id/
menara pandang favorit para pengunjung untuk berfoto

Kali biru jogja menawarkan berbagai keindahan alam yang bisa dinikmati dengan berbagai cara, antara lain: 

1. Jalan-jalan keliling kampung dan hutan Kali biru atau treking. Jalur yang bisa ditempuh sangat beragam, mulai dari 1,5 km, 3 km, 5 km, dan 7 km. Khusus untuk trek 7 km, Anda bisa melihat Waduk Sremo dari jarak dekat. 
Panorama pegunungan yang indah, hawa sejuk dan kehidupan pedesaan bisa anda nikmati disini. Bahkan kalau anda beruntung saat treking melalui jalan setapak, sewaktu-waktu Anda bisa ketemu dan melihat bermacam hewan langka seperti Elang Jawa, ayam Alas, Landak, Celeng, bahkan Harimau Jawa serta Harimau Kumbang yang masih hidup bebas di lingkungan pegunungan Kali biru Jogja ini. 

2. Bagi yang suka tantangan dan pengin menaikkan adrenalin, ada fasilitas Flying Fox, yaitu meluncur dari ketinggian. Tersedia fasilitas flying fox untuk dewasa dan anak anak. Pengelola juga menyediakan jalur dengan dua pilihan yaitu 50 meter dan 85 meter. 
Satu kali meluncur dipatok Rp. 10 ribu bagi dewasa, dan Rp. 5 ribu untuk anak-anak. Sarana flying fox, saat ini baru bisa dibuka setiap hari Minggu jam 08.00-16.00 WIB.

3. Tersedia Menara pandang di atas pohon . Menara ini yang sebenarnya merupakan tempat start dan finishnya wahana outbound, menara pandang inilah salah satu penyebab wisata alam Kali biru Kulon progo Jogja menjadi terkenal. 
Anda bisa membuat foto di atas menara pandang dengan latar belakang Waduk Sermo dan kawasan Menoreh. Untuk membuat gambar atau foto di atas menara cukup membayar 10 ribu saja. 
Menara ini hanya bisa menampung tiga orang dewasa sekaligus termasuk penjaga menara yang akan membantu pengunjung demi kenyamanan bersama dan alasan keselamatan. 

http://pantaijungwok.blogspot.co.id/
salah satu gardu pandang 

4. Di Kalibiru juga terdapat beberapa gardu pandang lainnya yang bisa dicapai pada saat anda jalan-jalan menyusuri jalan setapak yang sudah dicor. Gardu pandang ini tersebar di berbagai tempat dengan pemandangan utama menghadap Waduk Sermo. 
Saat pagi hari wisatawan bisa menyaksikan Sermo yang berselimutkan kabut, sedangkan saat senja pemandangan mentari yang terbenam di barat akan menjadi penutup hari yang sempurna. 

5. Fasilitas lain seperti homestay/cottage dan pendopo yang disewakan. Ada yang menyewakan per kamar, per seluruh rumah ada pula yang menyewakan per pondok (rumah joglo). 
Tarif atau biaya penginapan di sekitar Desa Wisata Kalibiru Jogja ini juga bisa dikatagorikan cukup bersahabat. Jadi apabila Anda dari luar kota dan ingin menginap di tempat ini, maka tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu banyak. 

Homestay atau pondok wisata yang ada di Kalibiru berjumlah 6 dan masing-masing dapat menampung 10 – 15 orang. Harga untuk homestay/cottage berkisar antara Rp. 120-125 ribu/malam. Pendopo Rp. 150 ribu, makan Rp. 10 ribu/satu kali makan, parkir motor Rp. 3 ribu, parkir mobil Rp. 5 ribu, sewa kasur Rp. 5 ribu/24 jam. 

Karena itu tempat ini kerap dijadikan lokasi makrab, gathering, bahkan retreat. Pengelola menghimbau pada calon penyewa untuk reservasi terlebih dahulu oleh karena jadwal pada setiap bulannya selalu terisi penuh. Unutk informasi, Anda bisa mengubungi Parjan di no HP 081392023122. 


Fasilitas 


Fasilitas di Kali biru Jogja selain yang sudah kami sebutkan diatas seperti pendopo, homestay, camping ground, serta fasilitas outbond, Kalibiru juga dilengkapi dengan areal parkir yang luas, kios makanan dan fasilitas Toilet. 

Alamat Kali biru Jogja 


Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kulonprogo, Yogyakarta 
Telp: +6281392023122 atau 0813 9294 7249. 
Koordinat GPS: -7.80588888888889, 110.128027777778 

Untuk perjalanan menuju ke Kali biru Jogja, kami menyarankan untuk lebih baik anda masuk ke kawasan wisata waduk Sermo kemudian baru naik ke Kali biru. Pemandangan di waduk Sermo gak kalah indah, sambil berjalan menuju Kalibiru anda bisa menikmati keindahannya waduk tersebut 

Apabila Anda dari kota Yogyakarta maka waktu tempuh perjalanan menuju Desa Wisata Kalibiru sekitar 60 sampai 90 Menit dengan perkiraan jalan lancar. Jarak tempuh menuju ke lokasi kurang lebih 43 Km. 

Ikuti jalan yang menuju ke arah kota Wates, bisa melewati Jl Wates, atau Jl Godean. dari kota Wates tepatnya dekat terminal Wates, cari papan nama menuju waduk sermo. Ikuti jalan yang menuju ke Waduk Sermo, dan Anda akan menemukan papan penunjuk arah ke Kalibiru. 
Rute menuju Kalibiru cukup menanjak enaknya sih pakai motor atau kendaraan pribadi. 

Atau melewat jalan wates hingga sekitar km 17 Anda dapat belok ke kanan (Barat) menyeberang rel kereta api kemudian ikuti papan penunjuk jalan sampai ke Kali biru. 

Anda masih bingung untuk menuju lokasi Kali biru Jogja? Pakai aja GPS (Gak tahu jalan tanya sama Penduduk Setempat) hehe... 


Mau naik angkutan Umum juga bisa. 
  1. Dari kota Jogja naik jurusan Wates dan turun di terminal Wates kemudian naik angkot jurusan Waduk Sermo. 
  2. Dari manapun anda yang penting tujuan sampai ke terminal Wates kemudian naik angkot ke jurusan waduk sermo. 

Selamat berlibur dan menikmati kali biru jogja obyek wisata kulon progo yang indah

3 Responses to "Kali biru Jogja Obyek Wisata Kulon progo Yang Indah"