google-site-verification: google342c2d2f68e5af07.html Wisata Jogja Berkembang Pesat Dimulai Dari Gunung kidul | Wisata Pantai Gunungkidul

Pantai Siung

Pantai Siung
Indonesia Climbers Gathering

Wisata Jogja Berkembang Pesat Dimulai Dari Gunung kidul

Wisata Jogja berkembang pesat dimulai dari semakin terkenalnya pantai Indrayanti sebagai tujuan wisata di Gunung kidul. Tidak bisa dipungkiri kalau Gunungkidul memang mempunyai kekayaan alam yang beraneka ragam yang menarik untuk dikembangkan menjadi tempat wisata yang indah agar bisa menjadi salah satu pendukung keaneka ragaman tempat wisata di Jogja yang merupakan salah satu kota tujuan wisata di Indonesia. 

Wisata Jogja mempunyai banyak pantai dengan pasir putih yang banyak diminati wisatawan domestik maupun mancanegara, tebing-tebing, serta kondisi alam Gunung kidul yang
berbukit-bukit, mempunyai banyak gua yang belum di eksplorasi, banyak mata air di atas permukaan tanah maupun sungai bawah tanah dan masih banyak lagi kekayaan alam lainnya. Maka tidaklah berlebihan kalau dikatakan perpaduan antara keindahan alam, kreatifitas dengan menejemen yang baik akan menghasilkan objek wisata dan keberhasilan yang luar biasa, contohnya seperti di pantai Indrayanti tempat wisata di Jogja mirip Kuta Bali. 

Pantai Indrayanti terbilang masih pantai baru karena mulai ramai di kunjungi wisatawan sekitar tahun 2011 yang lalu dan semakin hari semakin banyak pengunjungnya. Sebenarnya pantai ini oleh Pemerintah Daerah Gunung kidul diberi nama secara resmi adalah Pantai Pulang Syawal, sehingga pada papan nama penunjuk arah yang dibuat oleh pemerintah pasti tertulis Pantai Pulang Syawal. Namun oleh masyarakat dan wisatawan pada umumnya lebih dikenal dengan nama pantai Indrayanti. 

Pantai Indrayanti terletak di pesisir selatan Desa Tepus Gunung kidul Yogyakarta yang merupakan salah satu kawasan pantai yang berjejer saling berdekatan dengan nama nama pantai lainnya sepanjang kurang lebih 5 km. Pantai-pantai tersebut antara lain pantai Krakal, Pantai Slili, Pantai Sadranan, pantai ngandong, pantai sundak, Pantai Somandeng. Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi para pengunjung Pantai Indrayanti karena hanya dengan membayar retribusi sekali saja sebesar Rp10.000,- per orang kalian bisa menikmati banyak pantai dengan banyak macem keindahan dan ciri khas di setiap tempat wisata pantai ini. 

mau berkunjung ke pantai Indrayanti? Baca juga : Berwisata ke Pantai Indrayanti Gunung Kidul

Fenomena kebangkitan sektor Pariwisata di Kabupaten Gunung kidul beberapa tahun belakangan ini memang berjalan dengan pesat. Dimulai dari semakin terkenalnya wisata Pantai Indrayanti, Wisata Goa Pindul, Goa Jomblang, Wisata alam air terjun Sri Gethuk. Pihak swasta sudah dengan gesit menangkap peluang ini dengan cara dan kemampuannya masing-masing, ada yang membangun restoran, hotel dan penginapan di pusat kota wonosari dan sekitarnya, membangun rumah makan, hotel murah di sekitar obyek wisata Gunung kidul Jogja, membangun wahana wisata baru dan lain sebagainya. 

Yang menarik adalah berkembangnya kesadaran masyarakat dan berkembangnya pola pikir akan potensi pariwisata yang besar dan apabila dikelola dengan baik dan dijaga kelestariannya diyakini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitarnya. Kesadaran inilah yang sekarang menjadikan di Gunung kidul banyak muncul kelompok sadar wisata yang mulai memaksimalkan potensi wisata alam di sekitarnya dan kegiatan ini pada umumnya diawali dengan membuka akses jalan atau memperlebar jalan menuju obyek wisata baru tersebut. 

Dampak Positif Perkembangan Pariwisata yang cepat di Gunung kidul

Dengan semakin banyaknya pengunjung di pantai Indrayanti ini maka banyak sekali dampak positif yang diperoleh antara lain : 
  1. Pantai-pantai lain disekitar pantai Indrayanti juga mulai di tata dengan baik. 
  2. Memunculkan banyak kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di desa-desa lainnya di seluruh Kabupaten Gunung kidul yang membuka obyek wisata baru, pantai baru maupun tempat wisata alam baru. 
  3. Banyak memunculkan peluang pekerjaan baru seperti tukang foto keliling di obyek wisata, sebagai pemandu, pedagang juga memunculkan pengusaha-pengusaha baru yang mengalih fungsikan sebagian tanahnya untuk tempat parkir, membuat kamar mandi Umum, mendirikan toko souvenir, warung makan dan membuat tempat penginapan atau hotel di pantai Indrayanti. 
Sekali lagi ternyata perpaduan antara keindahan alam, kreatifitas, promosi dan menejemen pengelolaan yang baik akan menghasilkan objek wisata dan keberhasilan yang luar biasa. 

Pertanyaan besarnya adalah siapkah pemerintah Kabupaten Gunung Kidul mendorong, mendukung, memfasilitasi sarana dan prasarana perkembangan pariwisata ini dengan cepat juga? Terutama adalah memperbaiki kondisi jalan yang sudah ada. Banyak jalan menuju objek wisata yang perlu di perlebar dan di buat lebih lurus karena tikungan yang tajam. 

Berkembangnya jumlah tempat wisata di Gunung kidul dan semakin terkenalnya objek-objek wisata tersebut membuat perkembangan pengunjung objek wisata di Gunung kidul setiap tahunnya selalu meningkat, banyak bus-bus besar plat luar daerah setiap hari masuk objek wisata Gunung kidul dan tentu saja mereka pasti akan mengunjungi objek wisata lainnya yang berdekatan di Daerah Istimewa Yogyakarta.

0 Response to "Wisata Jogja Berkembang Pesat Dimulai Dari Gunung kidul"

Post a Comment