google-site-verification: google342c2d2f68e5af07.html Ciri Khas Masing-Masing Tempat wisata di Jogja | Wisata Pantai Gunungkidul

Pantai Siung

Pantai Siung
Indonesia Climbers Gathering

Ciri Khas Masing-Masing Tempat wisata di Jogja

Tempat wisata di Jogja mempunyai keunikan sendiri-sendiri, misalkan di suatu komplek/area ada berbagai tempat wisata sejenis tetapi masing-masing tempat wisata akan anda temui keunikan yang berbeda-beda dan kalau diamati atau dipelajari lebih jauh akan terasa semakin mempesona, indah dan beragam. 
Hal ini bisa terjadi barangkali karena adanya perbedaan sejarah proses terbentuknya permukaan bumi di masing-masing wilayah di setiap kabupaten di Yogyakarta. Bisa juga terjadi karena perpaduan dan perbedaan, sejarah, kebudayaan, karakter yang berbeda antara Jogjakarta, Solo dan Jawa Tengah lainnya.
 
Perbedaan perpaduan budaya, kondisi alam, sejarah masa lampau ditambah dengan kreatifitas masyarakatnya inilah yang menjadikan ciri khas, keunikan dan keindahan tempat wisata di Jogja semakin hari semakin mempesona. 

Keunikan Wisata Jogja menurut wilayah kabupaten : 
Daerah Istimewa Yogyakarta terdiri dari 4 Kabupaten dan 1 Kota Madya yaitu Kabupaten Sleman, Bantul, Kulonprogo, Gunung kidul dan Kota Madya Yogyakarta. Masing-masing wilayah mempunyai spesifikasi dan kekhasan sendiri. Sebagai penyumbang tempat wisata di Jogja kelima wilayah ini menyajikan antara lain : 

• Kabupaten Sleman berbatasan dengan Tawa Tengah mempunyai Gunung Merapi yang masih aktif. Banyak mata air yang jernih. 
Sebagai salah satu tujuan wisata Jogja kabupaten Sleman mempunyai tempat wisata andalan antara lain : 
1. Obyek wisata Kaliurang merupakan komplek vila, rumah peristirahatan, hotel, taman bermain, panggung hiburan yang berudara sejuk. 
2. Agrowisata di daerah Turi, banyak pohon buah Salak yang terkenal dengan Salah Pondoh. 
3. Monumen Jogja Kembali, Candi Prambanan. 
4. Wisata air semacam water boom dan Rumah makan.

• Kabupaten Bantul sebelah selatan berbukit dan terkenal dengan pantainya, antara lain yang sudah terkenal dari dulu adalah Pantai ParangTritis. Gua Selarong, Pusat kerajinan gerabah Kasongan, Makam Raja-raja di Imogiri. Taman bermain keluarga dan anak-anak “Kid Fun”. 

• Kabupaten Kulonprogo, sebagian wilayahnya tanah kapur dan perbukitan. Mempunyai obyek wisata antara lain waduk Sermo, Gua dan tempat wisata religi, pantai Glagah, pantai Trisik, pantai Congot dan sebagainya. 

• Kabupaten Gunung kidul, wilayah utara dan selatan berbukit-bukit, wilayah tengah merupakan daerah cekungan dan dataran. 
Sebagai salah satu tujuan tempat wisata di Jogja kabupaten ini sedang berbenah dan menyiapkan diri karena mempunyai potensi besar dan banyak obyek wisata antara lain: 
1. Komplek wisata Gunung Api Purba Nglanggeran atau sering disebut dengan Gunung Nglanggeran. 
2. Desa-desa kerajinan bambu, kayu, perak, batu akik. Seperti Desa wisata Bubong, Patuk Gunung kidul sebagai pusat kerajinan Topeng kayu. Dusun Blekonang, Tepus untuk kerajinan perak dan tembaga. 
3. Tempat wisata alam air terjun Sri Gethuk, air terjun pantai Jogan, terdapat ratusan Gua, yang sudah terkenal antara lain Goa Pindul, Goa Jomblang, Goa Maria Tritis, Goa Rancang. 
4. Pantai-pantai yang indah, dari sebelah Barat sampai ke Timur terdapat ratusan nama pantai yang bisa di kunjungi. ciri khas pantai selatan Gunung kidul adalah mempunyai Pasir Putih. 
5. Kuliner yang bisa dibilang Ekstrim yaitu Belalang Goreng.

• Kota Madya Jogjakarta, sebagai kota pusat pemerintahan kota ini mempunyai fasilitas yang lengkap dan banyak obyek wisata Jogja yang bisa dikunjungi. Selain mempunyai fasilitas yang lengkap tempat wisata di Jogja ini dekat dengan tempat wisata lain di sekitarnya. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan karena jarak tempuh lebih singkat dan waktu untuk menikmati obyek-obyek wisata lain menjadi lebih banyak. 
Tempat wisata di tengah kota Jogja ini antara lain : 
1. Keraton Jogjakarta. 
2. Benteng Vrederburg. 
3. Kebun Binatang Gembira Loka. 
4. Musium-musium. 
5. Taman sari (kolam renang Putri-putri Kraton)
6. Tempat-tempat hiburan, pertunjukan seni dan budaya, cafe, rumah makan. 
7. Pasar tradisionil barang seni dan kerajinan di pasar beringharjo, sepanjang jalan Malioboro, Kuncen. 
8. Tempat pusat oleh-oleh khas Jogjakarta. 
9. Taman pintar sebagai sarana edukasi. 
10. Alun-alun selatan (ramai pengunjung terutama pada sore dan malam hari). 

Untuk mengetahui lokasi dan alamat detail tempat wisata di Jogja silahkan lanjutkan membaca Lokasi dan Alamat Tempat Wisata di Jogja yang wajib dikunjungi

Sebagai referensi atau gambaran anda kalau mau mencari tempat wisata di Jogja dapat saya sampaikan ciri khas tempat wisata Jogja dari masing-masing wilayah kabupaten adalah :

 • Kabupaten Gunungkidul lebih mengandalkan pada wisata Alam seperti Pantai, Gua, Gunung api purba. 

• Kabupaten Sleman unggulannya adalah wisata alam, peninggalan kebudayaan masa lampau dan tempat pendidikan. 

• Kabupaten Kulonprogo unggulannya wisata alam, pantai. 

• Kabupaten Bantul, unggulannya wisata alam, pantai, kerajinan, peninggalan sejarah. 

• Kota Jogjakarta unggulannya Kraton sebagai pelestari sejarah dan budaya kerajaan, peninggalan jaman penjajahan, pendidikan, pasar dan pusat-pusat kerajinan. 

Tentukan lokasi atau tema liburan pilihan anda dan dapatkan informasi lokasi dan alamat tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi pada blog ini juga . semoga tempat wisata di jogja ini bisa membuat anda terhibur, bergembira bersama keluarga dan harapan saya adalah anda mempunyai keinginan untuk kembali menikmati liburan di Jogja.

2 Responses to "Ciri Khas Masing-Masing Tempat wisata di Jogja "