google-site-verification: google342c2d2f68e5af07.html Uji Nyali Dengan Kursi Gantung di Pantai Timang Gunung kidul Yogyakarta | Wisata Pantai Gunungkidul

Pantai Siung

Pantai Siung
Indonesia Climbers Gathering

Uji Nyali Dengan Kursi Gantung di Pantai Timang Gunung kidul Yogyakarta


Uji Nyali Dengan Kursi Gantung di Pantai Timang Gunung kidul?  Wisata ke Pantai Timang Gunungkidul Yogyakarta mungkin masih asing bagi anda. Pantai Timang Gunungkidul Yogyakarta memiliki pantai yang tidak begitu luas, kurang lebih hanya 50 meter dan berpasir putih, bersih dan indah seperti pantai-pantai di Gunungkidul pada umumnya. Ciri khas di pantai Timang adalah Gondola yang sulit bahkan tidak ada di tempat wisata lainnya. Belum banyak pengunjung yang datang saat kami menulis ini.

Memang benar pantai Timang belum menjadi obyek wisata pantai, bahkan masyarakat sekitar pantai Timang juga belum menganggap pantai ini sebagai obyek wisata pantai. Tempat untuk parkir mobil belum ada, apalagi fasilitas lainnya belum ada sama sekali, kecuali jalan tanah yang hanya sampai dibawah bukit dekat Pantai Timang. Untuk mencapai lokasi ini silahkan ikuti jalur/peta menuju pantai Timang Gunungkidul.

Lalu apa yang istimewa di Pantai Timang, sehingga anda harus berkunjung ke sana?
Karena hanya di Pantai Timang ada Kursi gantung atau kereta gantung atau gondola atau apapun istilahnya yang menghubungkan daratan dengan pulau/batu karang besar ditengah laut, dengan ketinggian 50m dari permukaan air laut kalau lagi surut.


https://pantaijungwok.blogspot.com/
Gondola di pantai Timang Wonosari Gunungkidul

Pada awalnya Gondola (kursi gantung) di Pantai Timang  ini dibuat oleh seorang nelayan setempat dengan cara membentangkan beberapa tambang dari daratan ke pulau di tengah laut. Diantara tambang-tambang itu dibuatlah dudukan semacam kursi , jadi kalau mau menyeberang anda hanya duduk di kayu ini kemudian tangan menarik tambang yang lain sehingga kursi gantung ini akan maju pelan-pelan seiring dengan tarikan tangan anda.

Biasanya nelayan Pantai Timang kalau sudah sampai di tengah pulau kegiatan yang biasa dilakukan adalah memancing  dan memasang “Rendet” yaitu alat untuk menangkap udang lobser yang berbentuk lingkaran besi diameter kl. 1m dan ditengah-tengah lingkaran itu dipasang umpan dan jaring.

Harga naik Gondola pantai Timang kurang lebih 150 ribu saja, anda sudah bisa mencoba naik Gondola atau kursi gantung di pantai Timang dan akan dipandu oleh nelayan yang punya alat ini untuk menyeberang dan balik lagi ke daratan. Sangat menantang dan menguji nyali anda, bergelantungan diatas air laut yang mempunyai ombak besar, berjalan hanya pelan-pelan tergantung kekuatan dan kecepatan tangan anda menarik tambang. Lebih asyik lagi kalau air laut pasang anda harus siap untuk basah karena anda akan sering kena percikan air laut. Masih sangat tradisionil atau manual banget, tidak ada jaminan keselamatan, tidak ada asuransi.

Siapkan perbekalan yang lengkap dan selamat mencoba uji nyali dengan kursi gantung di Pantai Timang Gunungkidul Yogyakarta.

0 Response to "Uji Nyali Dengan Kursi Gantung di Pantai Timang Gunung kidul Yogyakarta"

Post a Comment