google-site-verification: google342c2d2f68e5af07.html Kuliner Malam Jogja Yang Bikin Kamu Ketagihan | Wisata Pantai Gunungkidul

Pantai Siung

Pantai Siung
Indonesia Climbers Gathering

Kuliner Malam Jogja Yang Bikin Kamu Ketagihan

Kuliner Malam Jogja Yang Bikin Kamu Ketagihan. Kota wisata Jogjakarta memang selalu bikin kangen siapapun yang pernah singgah. Kota yang mempunyai predikat sebagai kota pelajar, kota wisata dan kota budaya ini memang tidak pernah tidur. Dari pagi hari sampai pagi lagi banyak kita jumpai berbagai aktifitas yang dilakukan oleh warga Jogja.
Pada malam hari banyak kita temukan para penjual makanan di berbagai sudut kota Jogja. Inilah salah satu ciri khas kuliner malam Jogja yang bertebaran dimana-mana dan sebagian besar konsepnya menyediakan tempat untuk duduk lesehan.


Jam buka kuliner malam Jogja

Ciri khas kuliner malam Jogja selain menyediakan tempat untuk duduk lesehan adalah berkaitan dengan jam buka. Jam buka kuliner malam Jogja dapat dibedakan antara lain :

•    Mulai persiapan dan buka usaha pada sore hari menjelang matahari terbenam dan berjualan  sampai dagangan habis atau menjelang pagi. Biasanya warung makan yang buka pada jam ini didominasi oleh warung tenda yang didirikan di pinggir jalan yaitu yang menjual pecel lele, ayam goreng, ayam bakar, warung makan seafood dan angkringan atau sejenisnya.

•    Kuliner malam jogja yang baru mulai buka sekitar jam 20-00 - jam 22.00 wib. Biasanya yang mulai buka jam ini didominasi oleh penjual masakan khas Jogja yaitu Gudeg, atau mereka yang berjualan di depan toko/emperan toko. Karena mereka baru bisa berjualan setelah toko tersebut tutup. Contohnya mereka yang berjualan makanan di Malioboro Jogja.

•    Kuliner Jogja yang mulai buka pagi hari. Yaitu warung makan yang menyediakan sarapan enak di Jogja atau warung makan yang hanya berjualan waktu siang hari saja.

•    Kuliner malam Jogja yang buka 24 jam nonstop. Biasanya bangunan tempat makan tersebut sudah semi permanen atau permanen.


Tempat dan makanan kuliner malam Jogja

Berikut ini adalah sebagian tempat atau jenis makanan yang menjadi ciri khas kuliner malam Jogja, mudah-mudahan pas dengan keinginan anda saat membutuhkannya. 

1.    Angkringan Jogja

Angkringan merupakan warung makan dengan ciri khasnya adalah gerobak dengan atap terpal plastik yang menyediakan berbagai minuman dan makanan. Ada berbagai macam minuman teh, kopi, susu jahe, gorengan, sate usus, sate telur puyuh,  tempe dan tahu bacem, dan yang selalu ada adalah nasi kucing/sego kucing.
 
Angkringan sangat memasyarakat dan menjadi salah satu ikon kuliner malam Jogja karena harganya yang sangat terjangkau terutama saat lagi mengalami krisis keuangan. Selain itu yang menjadikan orang betah nongkrong di angkringan adalah kebebasan, anda bisa ber jam-jam nongkrong sambil ngopi, main gitar, nyanyi atau sekedar ngumpul dengan teman-teman anda, tidak akan ada yang mengganggu.
 
Sebagai referensi angkringan Jogja yang sudah melegenda dan paling terkenal di Jogja adalah : 

•    Angkringan Kopi Jos “Lek Man” yang terkenal dengan sajian Kopi Joss yaitu minuman kopi yang diberi arang membara yang akan menimbulkan efek bunyi “joss”. Angkringan ini sudah ada sejak tahun 1950an. Lokasi di sebelah Stasiun Tugu Jogja, angkringan ini selalu ramai dan anda bisa duduk di sekitar gerobak dagangannya atau menggelar tikar di sepanjang trotoar.

•    Angkringan KR atau angkringan pak Jabrik. Angkringan yang menempati emperan depan KR Jogja ini selalu ramai dikunjungi para mahasiswa. Tempatnya luas dan menyajikan makanan yang lebih beragam.


2.    Bakmi Jawa dan teh poci

Bakmi Jawa dan teh Poci merupakan sajian yang tidak terpisahkan saat di Jogja waktu anda mau menikmati suasana santai di malam hari. Bakmi jawa bisa anda nikmati dalam berbagai pilihan yaitu bisa bakmi goreng, bakmi rebus atau bakmi godhog, bakmi “nyemek” (bakmi rebus yang kuahnya hanya sedikit/bakmi goreng tapi berkuah) dan bakmi magelangan (bakmi goreng campur nasi).
 
Teh Poci biasanya disajikan dengan satu cangkir kecil yang penuh dengan bongkahan gula batu, anda bisa menuang sendiri teh sesuai selera anda, dan andapun juga bisa minta tambah air panas kalau teh poci anda sudah mau habis.
 
Berikut ini referensi untuk anda agar bisa menikmati bakmi jawa dan teh poci yang sudah dikenal banyak orang di Jogja, karena mereka para pendiri warung tersebut dan atau generasi penerusnya memang sudah berjualan bakmi sudah cukup lama, sejak tahun 1940an  sampai sekarang :

•    Bakmi Jawa Pak Rebo, mulai berjualan bakmi jawa sejak tahun 1945. Lokasi warung bakmi : di sebelah Selatan persis SD Kintelan Jl. Brigjend Katamso No.167 Yogyakarta.

•    Bakmi Jawa Kadin, sejak tahun 1947. Lokasi : Jl.Bintaran Kulon No.3 Yogyakarta.
  • Bakmi Jawa Mbah Wito, sejak tahun 1942. Lokasi : Dusun Kemoro Sari 1, Desa Piyaman Wonosari Gunungkidul.
 

3.    Warung Burjo (bubur kacang ijo)

Melengkapi kuliner malam Jogja berikutnya adalah warung burjo yang biasanya buka 24 jam. Warung Burjo (bubur kacang ijo) sangat populer di Yogyakarta dan sangat akrab dengan para mahasiswa.
 
Kalau anda masuk ke warung burjo jangan kaget kalau warung tersebut tidak hanya menjual bubur kacang ijo atau ketan hitam,  mereka mempunyai puluhan pilihan menu makanan. Misalnya saja Bubur ayam, nasi sarden, nasi telor, nasi goreng, nasi sayur, mie dok-dok, mie rebus, mie goreng dan lainnya serta berbagai minuman, berbagai jenis gorengan dan makanan ringan lainnya juga tersedia.
 
Warung burjo yang terkenal dikalangan mahasiswa antara lain :

•    Warung Burjo Andeska yang terlokasi di di daerah seturan tepatnya depan kampus YKPN. Tempatnya cukup luas, bersih dan penyajiannya juga sangat cepat karena mempunyai pelayan yang cukup banyak.

•    Warung Burjo Sami Asih Group di sekitar kampus UGM.

•   Ada juga warung Burjo yang konsepnya mirip-mirip cafe yang selalu dipadati pengunjung. Sebut saja Kedai 24 yang beralamat di  : Jl. Damai no. 2, Jakal km 8,5, Sleman, Yogyakarta dan di  : Jl. Kledokan no. 3, Sleman, Yogyakarta. Juga ada warung Burjo Indolaga di jalan wahid hasyim, condong catur, yogyakarta.
 
Ini baru sebagian tempat dan makanan yang melengkapi kuliner malam Jogja. Masih banyak tempat dan bermacam jenis makanan yang bisa dinikmati saat anda merasa lapar di malam hari, ada gudeg pawon, Soto, Sate kambing Samirono, Pecel lele, Ayam goreng, Wedang Ronde serta beberapa Cafe unik dan romantis. 

Dimana tempat anda menikmati kuliner malam Jogja dan apa menu favoritmu?

1 Response to "Kuliner Malam Jogja Yang Bikin Kamu Ketagihan"