google-site-verification: google342c2d2f68e5af07.html Mengapa harus berkunjung ke Pantai Jungwok? | Wisata Pantai Gunungkidul

Pantai Siung

Pantai Siung
Indonesia Climbers Gathering

Mengapa harus berkunjung ke Pantai Jungwok?


gb. Jalan tanah ke pantai jungwok baru dibuka
Mengapa harus berkunjung ke Pantai jungwok? Siang ini Minggu 30 September 2012 saya ada kesempatan berkunjung lagi ke Pantai Jungwok, kali ini saya bersama anak saya yang masih klas 1 SD-Fidelis Dhesta Sadewo. Untuk anda para penikmat wisata pantai di Gunungkidul, Yogyakarta akan terasa belum lengkap kalau belum mengunjungi pantai Jungwok ini, terutama bagi anda yang suka berpetualang dan suka dengan tempat-tempat yang masih baru yang belum banyak pengunjungnya. Lokasi yang tepat untuk berkunjung atau untuk liburan kalian adalah ke Pantai Jungwok.


Lokasi Pantai Jungwok
Pantai Jungwok berlokasi di Desa Jepitu,ditengah-tengah antara.........
Pulau Gelatik disebelah Timur- dikenal juga karena menjadi tempat syuting beberapa liputan khusus dan di sebelah Barat ada  Pantai Wediombo. Tiga serangkai lokasi wisata Pantai di Gunungkidul  yang top markotop dan saling berdekatan, dua lokasi masih perawan (pulau Gelatik dan Pantai Jungwok) serta Pantai Wediombo yang sudah banyak dikenal orang.

Jalur/peta menuju Pantai Jungwok
Untuk bisa mencapai lokasi Pantai Jungwok saya bilang gampang-gampang susah, kenapa? Maklum aja namanya juga pantai yang baru di buka, jalan yang dibuat sepanjang kurang lebih 3 -4 km masih berupa jalan tanah yang baru selesai diratakan (mulai dari pertigaan di atas terminal parkir Pantai Wediombo, yang banyak warung makan dan warung kelontong serta tukang Ojek, sampai ke bibir pantai masih berupa tanah liat).

Kalau musim kemarau seperti saat ini  naik motor atau mobil masih enak bisa sampai ke lokasi tetapi kalau musim penghujan menurut saya jalan yang baru dibuka ini bisa menjadi sangat licin dan susah dilalui-resiko ditanggung penumpang deh...

Alternatif jalur atau jalan (Peta) wisata yang bisa dilalui, terutama bagi pengunjung yang berasal dari luar Gunungkidul, (kunci pertanyaan kalau mengalami kebingungan adalah Kota Wonosari, Pasar Jepitu, Pantai Wediombo, Pantai Jungwok),selengkapnya dapat anda baca di Peta Wisata Pantai Gunungkidul-Pantai Jungwok.

Ada banyak jalur perjalanan yang bisa anda pilih, tergantung dari arah mana kalian datang, mudah-mudahan jalur/Peta perjalanan ini bisa membantu.

Panorama indah di Pantai Jungwok
Di ujung jalan tanah yang datar sebelum turun ke pantai Jungwok atau kurang lebih 100 m dari bibir pantai aku menghentikan motor si hitam manis “TVS Apache 160” kesayanganku. 
Ayah...Kog berhenti? anakku bertanya. 
Jawabku : Iya , aku pingin motret pantai dari sini...bagus kan? 
Hoohh yah...apik tenan, aku seneng!!  Begitulah sekelumit penggalan omong-omong dengan anakku mengagumi keindahan alam di pantai Jungwok siang itu.

Dari ketinggian ini aku melihat hamparan pantai dengan pasir putih yang kelihatan melengkung membentuk cekungan, mirip pelangi yang terbalik.  Paling atas langit biru, kemudian garis lurus air laut kelihatan ke biru-biruan, kebetulan waktu itu di tengah laut ada satu kapal besar  yang biasanya ngangkut batubara dan  kemudian air laut bercampur ombak yang lumayan besar  sehingga menimbulkan percikan buih warna putih.

Di Bawahnya lagi warna agak kecoklatan karena airnya dangkal kemudian putih melengkung di pantai yang berpasir kemudian hijau ke biru-biruan warna dedaunan pohon Pandan berduri yang tumbuh disepanjang pantai, dan  paling bawah warna coklat kemerahan warna tanah.

Di sebelah kiri Pantai Jungwok aku melihat bukit batu yang tinggi dan gagah dan didepannya kelihatan ada satu perahu nelayan sedang menebarkan jaringnya, sementara di sebelah kanan  aku melihat juga bukit batu karang yang tinggi agak ke tepi pantai dan kelihatan juga beberapa bilah bambu yang biasa dipakai nelayan setempat untuk naik ke bukit kalau mau ngrendhet (istilah untuk menangkap udang lobster). Nampak juga ada satu tenda di ujung pasir putih sebelah kanan dan sekitar 6 orang anak muda yang kelihatan kecil-kecil dari ketinggian ini.

Disebelah tenda ini kelihatan bukit bebatuan yang seakan-akan menjorok ke tengah laut, wooww... ada sesuatu yang sangat menarik terlihat dari sini---jalan tanah yang berkelok-kelok naik ke atas bukit dan dan sepertinya hilang diujung bukit masuk ke tengah laut---sangat-sangaaat cantik dan indah banget. Aku harus kesana sekarang juga, pikirku.

Setelah puas menikmati keindahan Pantai Jungwok dari ketinggian aku menghidupkan motor dan turun melewati tepi pantai menuju ke bukit disebelah kanan tersebut. Benar juga sampai dibawah bukit, disini anakku aku suruh turun dari motor karena aku takut jatuh berdua, kelihatan di depanku jalan tanah yang gembur, tanjakan naik dan berkelok. 
Aku nekat aja...tancap gas naik dan bruukkk.. aku terjatuh di belokan pertama..setelah aku pikir akhirnya aku putuskan untuk balik turun aja ke pantai pasir yang putih. Aku bangunkan motorku aku berusaha untuk membelokkan motorku untuk turun dan bruukkgg..aku terjatuh lagi dan ditambah kaki kiriku terkilir sakit banget rasanya. 

Dengan susah payah akhirnya aku berhasil turun, motor aku parkir di bawah pohon pandan berduri. Aku bersama anakku bermain-main di hamparan pasir putih yang bersih, bermain air laut, melihat bermacam rumput laut dan binatang laut serta ikan hias sampai sore. Malam ini aku pergi ke tukang urut, kakiku masih sakit dan bengkak. Pantai jungwok memang sungguh mempesona, tunggu kedatanganku lagi ya..pantai Jungwok.

Gambar-gambar pantai Jungwok
pantai Jungwok
pantai Jungwok1
pantai Jungwok 2
pantai jungwok 3

0 Response to "Mengapa harus berkunjung ke Pantai Jungwok?"

Post a Comment